Lifestyle

Tingginya kebutuhan konsumen akan mobil-mobil yang mumpuni untuk mengakomodasi kebutuhan, menjadi salah satu penyebab pertumbuhan mobil yang lebih besar ketimbang dengan ketersediaan jalan. Hal ini yang membuat situasi lalu lintas di kota-kota besar Indonesia semakin padat.

 

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (GAIKINDO), pada periode Juli hingga September 2017, penjualan mobil di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) masih cukup tinggi. Dominasi tersebut masih berkutat di antara para jagoan-jagoan LMPV dari negara-negara Asia.

 

Dari pertumbuhan tersebut, mobil dituntut untuk selalu dalam kondisi prima. Kondisi jalan yang semakin padat, membuat kinerja mesin mobil bekerja ekstra dari kondisi normal. Sehingga, menyiapkan mobil untuk perjalanan jarak jauh harus mulai dilakukan sejak awal.

 

Salah satu yang harus dicermati pengguna mobil adalah suhu mesin meninggi atau overheat. Kondisi ini kerap terjadi saat mesin yang menyala cenderung lebih lama berada dalam kondisi diam. Gejala awal biasanya muncul suara ngelitik (knocking) berlebih pada mesin. Selain itu, mobil yang dilengkapi dengan indikator jarum, akan terlihat peningkatan suhu. Sementara, untuk mobil dengan indikator menggunakan gambar, mesin akan langsung mati ketika overheat.

 

Tanda mesin yang mengalami overheat pada dasarnya dapat dengan mudah diketahui. Agar mobil dapat selalu dalam kondisi prima, kenali yuk tanda overheat pada mobil agar kita dapat menghindarinya, Queenriders.

 

Radiator Mampet

 

Meningkatnya suhu mesin di atas normal adalah radiator yang mampet. Hal ini terjadi akibat karat dari kadar air yang bereaksi dengan blok mesin. Kotoran menyumbat kisi-kisi radiator sehingga membuat sirkulasi air tidak maksimal.

 

Penanggulangannya adalah dengan memperbaiki atau kalau sudah parah, maka kisi-kisi harus diganti. Pencegahan karat bisa dengan mengganti air radiator setiap 20.000 km dengan memakai cairan anti karat. Biasakan memeriksa kondisi air radiator sebelum berkendara. Volume air yang berkurang menandakan adanya kebocoran yang dapat disebabkan dari selang yang sudah getas, sambungan selang, atau sil dan pegas tutup radiator yang sudah tidak berfungsi baik. Kebocoran dari tutup radiator biasanya terlihat dari bekas karat di sekitarnya yang mengering.

 

Kondisi Motor Kipas

 

Penyebab lain kenaikan suhu mesin secara berlebih adalah melemahnya motor kipas. Gejalanya dapat dilihat saat kecepatan tinggi indikator temperatur ikut naik. Sementara, pada kecepatan rendah suhu kembali turun.

 

Cara mengeceknya adalah dengan menyalakan air conditioner (AC). Bila hembusan angin sudah tidak maksimal, maka temperatur mesin akan naik. Segera ganti motor kipas sekaligus mengganti kipas bila kondisi sudah parah, untuk menghindari kerusakan di bagian poros kipas pendingin.

 

 

Bila mesin mobil sudah terkena overheat di tengah kemacetan, segera menepi ke area aman dan pasang segitiga pengaman untuk memberikan kode bahaya kepada pengemudi yang hendak lewat. Tunggu beberapa menit hingga suhu mesin turun atau bisa dibantu dengan menyiram air di penampang radiator. Setelah suhu mesin dingin, cek kondisi kecukupan air radiator.

 

Saat membuka tutup radiator dan masih terasa panas, gunakan kain tebal dan putar secara perlahan. Jika ada tekanan air, segera tekan tutup radiator sambil diputar perlahan. Jika volume air masih penuh, tutup kembali radiator dan tunggu sampai temperatur normal.

 

Saat kondisi seperti ini, kamu dapat menggunakan manfaat perlindungan dari asuransi kendaraan untuk mencegah mobil mengalami kerusakan. Pastikan kamu menggunakan perlindungan kendaraan yang memberikan layanan jemput kendaraan di tempat, seperti yang ditawarkan oleh Asuransi Astra.

 

Asuransi Astra melalui layanan Garda Oto Digital dilengkapi layanan #MakinGampang yang memudahkan pemilik mobil mendapatkan pelayanan saat kendaraan mereka mengalami kerusakan di manapun. Fitur terbaru dari Garda Oto Digital #MakinGampang memungkinkan proses klaim asuransi dilakukan tanpa perlu keluar dari rumah atau kantor. Layanan Garda Oto Digital memberikan kemudahan perbaikan kendaraan berkat kehadiran layanan antar jemput mobil menuju bengkel pilihan.

 

Bahkan, saat perbaikan selesai dilakukan, mobil dapat diantar kembali ke tempat yang kamu inginkan.Selain hemat biaya, layanan ini juga hemat waktu yang membuat produktivitas tidak berkurang. Selain itu, Garda Oto Digital juga menawarkan ragam keuntungan untuk pelanggan, seperti pemberian hadiah langsung dan cicilan 0% dari bank yang bekerja sama. Pastikan kamu segera kunjungi www.gardaoto.com ya, Queenriders. Yuk, sekarang! Mudah, cepat, aman! Giving you a peace of mind!


 


(Talita Zahrah)
Comments

Related Article

Inilah Penyebab dan Solusi Tepat Jika Mesin Mobil Terkena Overheat

Kondisi jalan yang semakin padat, membuat kinerja mesin mobil bekerja ekstra dari kondisi normal

Sudah Punya Asuransi Untuk Kendaraan Kesayangan Kamu, Queenriders?

Selain mengurangi risiko jika terjadi sesuai yang tidak diinginkan, memiliki asuransi juga dapat memberi ketenangan jika terjadi sesuatu secara mendadak

Semakin Mudah Untuk Dapatkan Blue Bird Dengan Easy Ride

Dengan Easy Ride, semakin mudah saja untuk mendapatkan Blue Bird, dimana saja dan kapan saja. Asik!

3 Langkah Ini Dilakukan Pengemudi Blue Bird Untuk Memastikan Keamanan dan Kenyamanan Penumpang

Ternyata, ada beberapa standard operational procedure atau SOP yang harus dilakukan oleh seorang pengendara Blue Bird, lho!

Recommended for You

Mau dapat info event, kuis dan berbagai aktivitas seru di Queenrides?

Daftarkan emailmu di sini.