Riding Safety

Kenapa Mesti Ganti Oli Pasca Mudik?!

Selasa, 06/06/2017 15:15

Queenriders, gimana mudiknya? Lancar? Mudah-mudahan ya! Semoga perjalananmu aman dan nyaman ya girls! Setelah kembali dari perjalanan panjang dan melelahkan, gimana kabar kendaraanmu? Sehat? Yups! Gak cuma pengendara dan penumpangnya aja yang capek, kendaraanmu pun bisa capek dan haus lho! Makanya, setelah menempuh perjalanan yang jauh, penting untuk kembali merawat dan memulihkan kendaraanmu girls!

Kenapa? Inget gak waktu di perjalanan mudik dan kembali lagi ke kota? Jalanan yang kaya gimana aja sih yang kamu tempuh? Ada yang mulus, ada yang berlubang, ada yang lancar, ada juga yang macet. Ya kan girls? Nah, makanya, mesin kendaraanmu mesti diperiksa dan oli pun harus diganti. Why? At least ada 4 alasan girls!

Kerja dan Kualitas Mesin Menurun

Oli memiliki fungsi untuk membantu mengoptimalkan kerja mesin. Jika tidak rutin diganti, kualitas oli mesin akan menjadi turun, semakin kental dan juga menghitam. Dengan demikian, maka fungsi oli sebagai pelumas untuk membantu mesin bekerja dengan baik juga akan menurun. Dampaknya, tentu gesekan pada mesin juga akan meningkat dan dapat menurunkan kerja dan kualitas mesin mobil. Terlebih lagi setelah dibawa mudik girls! Penting banget!

Boros BBM

Sebagai pelumas mesin, maka oli mesin mobil akan mengurangi atau memperhalus gesekan yang terjadi pada komponen dalam mesin. Gesekan yang halus, akan membuat tarikan mesin semakin enteng dan kerja mesin semakin ringan. Namun jika oli mesin tidak diganti, kualitasnya yang buruk akan membuat gesekan semakin kuat dan tarikan mesin semakin berat. Akibatnya, mesin membutuhkan lebih banyak bahan bakar sebagai sumber tenaga.

Overheating

Oli mesin juga memiliki fungsi untuk membantu mendinginkan mesin mobil. Oli mesin yang lama tidak diganti akan memiliki kualitas yang buruk, sehingga fungsinya untuk membantu mendinginkan mesin mobil juga menjadi kurang maksimal. Akibatnya, mesin mobil akan semakin lambat untuk dingin dan berpotensi membuat mesin menjadi terlalu panas atau overheat.

Kerusakan Pada Komponen Mesin

Jika sudah terlalu lama tidak diganti, maka oli mesin yang sudah terlalu kental dan kotor akan berpotensi merusak komponen bagian dalam mesin. Contohnya saja merusak piston, dinding silinder dan juga bantalan poros engkol. Hal tersebut dikarenakan oli yang sudah buruk kualitasnya tersebut akan membuat komponen-komponen mesin harus bekerja melebihi kemampuan. Akibatnya, komponen mesin rentan rusak, tergores, karatan atau bahkan terbakar.

Nah, untuk hasil maksimal, pakai oli tepercaya Pertamina Lubricants ya girls! Baca detail dan cus langsung dapetin di sini ya girls! 

Alright, baca terus safety riding motor dan safety driving tips, lifestyle dan tips fashion wanita, dan cerita dari Queenriders kita ya! Stay safe stay pretty!

 

sumber: asapmobil


(Aginta Tamariska)
Comments

Related Article

Wide Leg Jumpsuit - Cocok Nih Buat Lebaran!

lebaran sebentar lagi! belanja yuk! lol!

Neck Scarf - Lilitan Leher yang Bikin Kamu Kece Seketika!

masih belum ikutan trend ini?! yakin?

#SAFERAMADHAN versi Hanani - Stylish, Aman, dan Nyaman

simak cerita stylist kece ini tentang pakaian berkendara yuk!

Recommended for You

Mau dapat info event, kuis dan berbagai aktivitas seru di Queenrides?

Daftarkan emailmu di sini.